jadwal pola hidup sehat

Image Source

Kenapa harus 8 minggu? Karena waktu 8 minggu dianggap cukup untuk mengembalikan sistem-sistem biologis tubuh pada keadaan yang baru dan waktu yang cukup pula untuk menambah kekuatan imunitas tubuh dan memunculkan respon. Sebagaimana sistem ini dapat menambah respon biologis, sehingga pada gilirannya dapat menambah hormon prostaglandin yang disebut dengan hormon pencegah radang (infeksi). Sebagaimana hal itu dapat mengatur waktu tidur dan meminimalisir kecemasan.

1. Minggu I

Langkah yang Harus Dilakukan

  1. Menghindari segala jenis lemak dan minyak, kecuali minyak zaitun.
  2. Menghindari segala jenis lemak buatan pabrik.
  3. Menghindari segala produk-produk pabrik.
  4. Menghindari segala produk yang mengandung zat pewarna buatan.
  5. Pastikan kita tidak mengonsumsi makanan berlemak.

Pola Makan

  • Mulailah mengkonsumsi sayuran segar, khususnya sayur-sayur yang kita suka.
  • Prioritaskan mengonsumsi ikan-ikanan seperti salmon dan sarden, minimal dua kali dalam satu minggu, karena ikan banyak mengandung omega 3 dan asam lemak yang sangat berguna bagi tubuh, dimana unsur ini bisa meminimalisir kadar lemak dalam darah sekaligus mencegah radang dan mempercepat kerusakan pada jaringan.

Tambahan atau Suplemen

Dianjurkan mengonsumsi vitamin C berkisar antara 1000-2000 mg dalam setiap porsi makan (sarapan, makan siang dan makan sore) karena vitamin C dapat membantu membangun jaringan menjadi kuat dan kukuh. Juga membantu mempercepat kesembuhan luka.

Olahraga

  • Usahakan berjalan kaki minimal 10 menit dengan kecepatan yang teratur pada setiap harinya.
  • Apabila ikut dalam program aerobic, kita tetap perlu melakukan gerak jalan.

Sisi Mental-Spiritual

  • Mulailah bersantai dan menghirup udara (menarik nafas) selama lima menit setiap hari, dengan cara :
    (1) Duduk di tempat yang nyaman, dengan punggung lurus dan mata tertutup dan gunakanlah pakaian santai dan longgar. (2) Konsentrasi pikiran pada pernafasan, dengan cara menarik nafas dalam-dalam lewat hidung dan keluarkan lewat mulut, dengan otot yang dikendurkan. Hal ini dapat member relaksasi pada tubuh, akal (otak) dan roh.
  • Kita harus mengunjungi kebun-kebun dan taman-taman atau tempat-tempat indah dan berwarna hijau. Jika tidak memungkinkan, cukup membeli bunga-bungan yang memiliki bentuk dan aroma menyenangkan.

 

* * *

 

2. Minggu II

Pola Makan

  1. Pada minggu ini, kita harus mengonsumsi ikan minimal dua kali sehari ditambah dengan brokoli dan kol kembang.
  2. Usahakan menambah biji-bijian pada makanan. Untuk mendapatkan serat yang banyak lebih baih mengonsumsi sayuran dan buah-buahan segar.
  3. Usahakan untuk mengonsumsi produk makanan dari kacang kedelai, karena kedelai mengandung isoflavon yang dapat membersihkan tubuh dari penyakit kanker dan kekerasan pada persendian.
  4. Perhatikan bahwa teh mengandung theopilin. Zat ini pun ada pada kopi dengan kadar lebih banyak. Oleh karena itu, cobalah mengganti dengan teh hijau. Dan meminumnya sekali atau dua kali saja dalam sehari.
  5. Perlu diketahui, penyakit kanker payudara adalah penyakit paling sedikit yang ditemukan di China dan Jepang. Karena para wanita disana terbiasa mengonsumsi makanan alami yang tidak mengandung hormon estrogen dimana biasanya diberikan kepada hewan untuk menambah pertumbuhannya. Namun, ketika kebanyakan wanita mulai banyak memakan daging yang mengandung hormon estrogen tersebut; seperti yang dilakukan oleh para wanita Amerika maka penderita kanker payudara semakin bertambah jumlahnya. Hal ini disebabkan karena makanan alami mengandung fitostrogen alami yang ada pada tumbuh-tumbuhan. Zat inilah yang memberi perlindungan pada tubuh estrogen buatan yang menyebabkan kanker payudara dangangguan pada masa menopause.
  6. Kurangi konsumsi kafein yang ada pada kopi, cola dan lainnya.
  7. Ketika memang tidak tahan harus meminum teh biasa atau kopi, maka cobalah dengan teh atau kopi yang tidak mengandung kafein, karena kebanyakan kefein yang dikonsumsi dapat berpengaruh pada pembuluh darah koroner dan jantung.

Tambahan atau Suplemen

Mulailah mengonsumsi karotin dari wortel (satu gelas jus wortel) pada saat sarapan, dengan begitu tubuh mengandung 2.500 SI beta-karotin + alfa-karotin dan zansin.

Olahraga

Teruslah berolahraga dengan berjalan kaki 50 menit ditambah latihan aerobic.

Sisi Mental-Spiritual

  1. Berkunjunglah ke taman-taman dan tempat istirahat sesering mungkin.
  2. Usahakan untuk menggunakan satu hari minggu ini untuk tidak membaca, menonton televisi atau membaca berita dan hiduplah dengan dirimu sendiri.
  3. Terus berkonsentrasi pada pernafasan selama 5 menit setiap hari dan lakukan penambahan selama 30-60 detik setiap hari. Lakukan pernafasan dengan cara menarik nafas lewat hidung dan dikeluarkan lewat mulut.

 

* * *

 

3. Minggu III

Program minggu ini terfokus pada konsumsi sayuran dan buah-buahan segar. Sebaiknya hindari sayuran dan buah-buahan yang mengandung sisa-sisa kimiawi dan lebih mengutamakan yang alami. Selain itu hindari sumber-sumber cahaya yang menimbulkan radiasi, seperti cahaya manitor juga menggunakan lensa untuk menjaga cahaya ultraviolet.

Pola Makan

  1. Hendaklah mengonsumsi ikan minimal dua kali dalam minggu ini.
  2. Usahakan memakan makanan yang diproduksi dari kedelai dan kacang-kacangan untuk menggantikan daging sekalipun satu kali dalam seminggu.
  3. Sayuran untuk minggu ini :
    – 4 buah bawang merah
    – 6 wortel
    – 5 sdm minyak zaitun
    – Dedaunan hijau, seperti kubis dan seledri air
    – 1 kg kedelai hijau
    – 8 buah tomat
    – 2 umbi besar
    – 1 gelas penus jamur merang
    – 4 gelas biji-bijian, seperti gandum, kedelai putih dan kacang polong
    – 6 butir cabai hijau
  4. Konsumsi setiap hari setengah kg beraneka ragam buah-buahan.

Tambahan atau Suplemen

Untuk porsi makan gunakan 400-800 SI dari vitamin E dan 200-300 mg selenium. Karena kedua jenis ini dapat mencegah terjadinya oksidasi, ditambah lagi vitamin C yang sudah dikenal khasiatnya plus karotin yang diambil sayuran, seperti wortel.

Olahraga

  1. Tambahlah waktu jalan kaki hingga 20 menit ditambah senam aerobic.
  2. Olahraga dapat melenturkan otot-otot dan menambah elastisitas tubuh.

Sisi Mental-Spiritual

  1. Usahakan dua kali dalam seminggu duduk bersama teman-teman atau kerabat yang tengah merasa bahagia dan rileks bersama mereka.
  2. Usahakan sehari dalam seminggu ini tinggal sendiri (menyendiri) dan dengan berusaha mendengar berita apapun.
  3. Santai selama kurang lebih 8 menit di siang hari dengan mata tertutup. Istirahatkan semua otot dengan cara bernafas lewat hidung dan mengeluarkannya lewat mulut tanpa disertai emosi, mungkin menambah waktu relaksasi ini sampai 10 menit.

 

* * *

 

4. Minggu IV

Dalam minggu ini, perhatikan kenyamanan tempat tidur. Segala sesuatu yang dirasa kurang nyaman supaya dihilangkan. Jika kamar terganggu oleh suara-suara bising, cobalah untuk menatanya agar benar-benar nyaman dan menyenangkan. Coba gunakan filter udara di kamar tidur, jika tidak memungkinkan cobalah untuk memperbaiki sirkulasi udara agar udara segar dapat leluasa keluar masuk ke dalam kamar sehingga kita dapat tidur dnegan waktu yang cukup. Perlu diingat bahwa tidur siang hari tidak dapat mengganti tidur malam.

Pola Makan

  1. Untuk minggu ini perbanyaklah mengonsumsi bawang putih.
  2. Cobalah ganti kebutuhan protein yang biasa didapatkan dari daging dan kacang kedelai.

Olahraga

Hendaklah menambah durasi waktu senam aerobic dan jalan selama 25 menit dalam sehari salama lima hari untuk minggu ini.

Sisi Mental-Spiritual

  1. Secara kontinu lakukan latihan perpafasan dan relaksasi, dengan ditambah sedikit demi sedikit setiap hari, karena hal itu sangat efektif untuk membenahi sisi spirit kita.
  2. Membaca atau berkomunikasi dengan beberapa teman yang sedang menjalankan terapi kesehatan dan berkonsultasilah serta bertukar pengalaman dengannya seputar kesehatan.

 

* * *

 

5. Minggu V

Pola Makan

Lakukan secara kontinu apa yang telah dilakukan pada minggu yang lalu yakni mengonsumsi teh hijau, marjoram, sayuran berwarna-warni juga buah-buahan, ditambah daging sekali saja dalam minggu ini. Selain itu konsumsi minuman yang dapat mengganti zat-zat yang hilang dalam tubuh.

Olahraga

Menambah durasi waktu olahraga sampai 30 menit selama 5 hari pada minggu ini.

Sisi Mental-Spiritual

  1. Ulangi latihan pernafasan dan relaksasi setiap hari.
  2. Nikmati musik klasik atau lantunan rohani.
  3. Bermain di taman hijau atau membeli bunga segar dan enak dipandang.
  4. Mandi uap atau masuk sauna. Lakukan aktivitas ini semala 20 menit sehari dalam minggu ini.

 

* * *

 

6. Minggu VI

Pola Makan

Tambah porsi konsumsi ikan.

Olahraga

Menambah waktu olahraga dan jalan-jalan di taman hingga 40 menit selama 5 hari pada minggu ini.

Sisi Mental-Spiritual

  1. Gunakan kamar uap atau sauna dua kali pada minggu ini.
  2. Kontinu melakukan latihan pernafasan dan relaksasi.
  3. Berjalan di taman.

 

* * *

 

7. Minggu VII

Pola Makan

Lanjutkan aturan makan di minggu lalu.

Olahraga

Menambah waktu olahraga jalan selama 5 menit selama lima hari dalam minggu ini.

Sisi Mental-Spiritual

  1. Lakukan aktivitas yang bermanfaat pada minggu ini, seperti mengunjung I rumah sakit atau menolong teman dan tetangga.
  2. Lanjutkan mandi uap atau sauna selama 20 menit.
  3. Menambah latihan pernafasan dan relaksasi jadi dua kali dalam sehari masing-masing selama 5 menit.
  4. Melakukan aktivitas yang menyenangkan.

 

* * *

 

8. Minggu VIII

Pola Makan

Dan mungkin kita sudah menyaksikan sendiri kesehatan serta tubuh kita saat ini dan tentunya tetap harus melanjutkan aturan makan ini.

Suplemen atau Tambahan

  1. Lanjutkan mengonsumsi karotin dari wortel dan bawang putih untuk menambah oksidadi dan memperlambat penuaan.
  2. Menambah porsi makan omega 3 untuk mengndari lemak.
  3. Selalu menggunakan minyak zaitun dan sayuran serta buah-buahan berwarna untuk mencegah tumor dan mempercepat penyembuhan.

Olahraga

Menambah waktu olahraga sampai 1 jam salam sehari selama lima hari dalam seminggu.

Sisi Mental-Spiritual

  1. Kontinu melakukan latihan pernafasan dan relaksasi.
  2. Menjauhi tempat-tempat atau suasana yang bisa mengundang amarah atau yang bisa menyebabkan saraf menjadi tegang.

Nah, itulah beberapa tahap yang harus dilakukan dalam upaya 8 minggu mencapai hidup sehat. Setelah 8 minggu yang sudah terlewati, lakukan introspeksi untuk melakukan aturan dan gaya hidup kita. Apakah cocok dan pantas sekaligus memberikan maslahat bagi kehidupan kita. Jika merasa cocok, ulangi kegiatan di minggu selanjutnya sambil memikirkan apa yang kira-kira cocok kita lakukan dalam praktik selama 8 minggu ini. Bagaimana, sudah siap untuk mencoba?