cara agar melahirkan lancar birthing ball

Image Source

Hai bunda, hal apa yang telah dilakukan sejauh ini untuk menyambut buah hati? Tidak perlu bingung dan takut. Persalinan bukanlah peristiwa menakutkan seperti yang bunda bayangkan. Boleh lah sesekali menonton video persalinan dengan cara yang lembut seperti gentle birth atau relaksasi hypnobirthing agar statement mengerikan tentang melahirkan dapat dihilangkan dari benak bunda semua.

Mindset positif merupakan poin utama mengurangi rasa ketakutan dan meminimalkan rasa trauma itu, sisanya pengetahuan dan persiapan pra persalinan tentunya menjadi bekal yang sangat berharga.

Dikutip dari buku yang ditulis Bidan Yessie Aprilia yang berjudul Bebas Takut Hamil dan Melahirkan, ada beberapa kunci untuk bisa melahirkan secara nyaman dan minim trauma, diantaranya knowledge, mindfullnes and awareness, healing trauma, breathe, relax mind, body balance, movement and gravity during pregnancy and labor dan yang terakhir gentle birth support, partner and provider.

Pengetahuan saja tidak cukup jika tidak diimbangi dengan pemberdayaan diri yang baik, khususnya untuk ibu hamil dengan usia kandungan diatas 7 bulan. Persiapan pra melahirkan sangat penting untuk mendukung mindset yang positif berjalan beriringan dengan hasil yang positif juga.

Berikut ada beberapa exercise yang wajib bunda lakukan untuk mencapai proses persalinan seperti yang bunda inginkan.

1. Minum 2 liter air

tips melahirkan normal

Image Source

Air putih memang sangat baik untuk tubuh manusia. Tidak hanya ibu hamil, bahkan manusia normal sangat dianjurkan untuk minum air putih sedikitnya 8 gelas per hari. Untuk ibu hamil sendiri, selain untuk mengembalikan elektrolit yang hilang, air putih sangat berperan dalam memproduksi air ketuban dalam rahim.

Mengingat banyak sekali kejadian ketuban yang pecah terlebih dahulu sebelum memasuki waktu persalinan, banyak mengkonsumsi air putih dapat mengurangi resiko bayi kekurangan air ketuban. Di beberapa klinik bersalin, ibu dengan kondisi ketuban pecah dini dianjurkan untuk minum air putih atau air kelapa kurang lebih 1 liter per jam.

2. Makan Sayur 2 Porsi

cara agar melahirkan normal makan sayur

Image Source

Dua porsi yang dimaksud disini kurang lebih sebanyak 2 baskom di warung bakso. Sayuran memang sangat dianjurkan untuk ibu hamil sejak usia kandungan masih muda. Dalam satu baskom setidaknya ada paling sedikit 5 macam sayuran yang berbeda. Mungkin masakan seperti capcay bisa menjadi menu paling baik untuk bunda sekalian.

3. Telur Ayam 2 Butir

tips dan latihan sebelum persalinan

Image Source

Sebelum mengkonsumsinya, sebaiknya bunda bisa memastikan dulu berapa tafsiran berat janinnya. Jika menurut dokter/bidan berat janin sudah besar dan dianjurkan untuk diet, maka bunda perlu mengurangi porsi mengkonsumsi telur menjadi 1 butir saja perhari tanpa perlu memakan bagian kuningnya.

Kandungan protein yang tinggi dalam putih telur dapat membantu perkembangan pada otak janin. Maka dari itu mengkonsumsi banyak telur dapat dimulai sejak usia 20 minggu kehamilan. Jika bunda memiliki riwayat alergi terhadap telur ayam, bunda bisa menggantinya dengan telur bebek atau telur ayam kampung.

4. Buah 3 Warna

tips sebelum melahirkan perbanyak makan buah

Image Source

Bunda bisa menjadwalnya dengan mengkonsumsi 1 buah pada pagi hari, 1 buah di siang hari dan 1 buah lagi di malam hari. Kandungan vitamin dalam buah dapat menurunkan resiko infeksi pada kondisi ketuban pecah dini dan infeksi pasca persalinan. Selain itu, rajin mengkonsumsi buah juga dapat mengurangi kebiasaan nyemil makanan ringan dengan kandungan gula dan garam yang tinggi.

Semua buah bisa dikonsumsi ya bunda. Mungkin untuk kehamilan yang kurang dari 36 minggu hanya nanas dan durian saja yang perlu dihindari. Tetapi sama halnya dengan konsumsi telur, bunda perlu mengetahui tafsiran berat janin sebelumnya. Jika bobot janin sudah besar, bunda perlu menghindari buah yang mengandung mineral tinggi seperti semangka dan melon, agar kenaikan berat janin yang lebih besar lagi dapat dihindari.

5. Jalan Kaki

latihan sebelum persalinan

Image Source

Ada yang bilang ibu hamil tidak boleh terlalu banyak beraktivitas karena khawatir kelelahan dan lain sebagainya. Itu salah besar. Ibu hamil bukan orang sakit ya bunda, jadi bebas saja melakukan aktivitas seperti biasa. Mungkin ada beberapa kondisi kehamilan yang menuntut bunda untuk mengurangi aktivitas atau bahkan bedrest, tetapi sejauh keadaan ibu dan janin baik, menggerakkan badan sangatlah dianjurkan.

Hal kecil yang bisa dilakukan adalah jalan kaki. Batas waktu tiap ibu hamil tentunya berbeda. Untuk usia kehamilan kurang dari 34 minggu baru boleh berjalan kaki kurang lebih ½ jam sehari, 34 – 36 minggu kurang lebih 1 jam sehari, sedangkan untuk usia kehamilan diatas 36 minggu minimal 2 jam sehari.

Berjalan kaki dapat membantu otot panggul membuka sehingga janin lebih mudah memposisikan diri di jalan lahir bunda. Hal ini juga sangat bermanfaat bagi kondisi bayi yang belum masuk panggul diatas usia kehaimalan 36 minggu.

6. Squats

latihan squats untuk melancarkan persalinan

Image Source

Sama hal nya dengan berjalan kaki. Squats sangat membantu melemaskan otot panggul sehingga memberi jalan bagi kepala bayi untuk masuk ke dalam panggul. Squats bisa dilakukan bunda saat usia kehamilan diatas 28 minggu bertahap sebanyak 15 kali sehari. Sedangkan untuk usia kehamilan diatas 32 minggu dianjurkan minimal 30 kali sehari.

Semakin banyak bunda melakukan squat setiap harinya, semakin mudah proses persalinan nantinya. Tetapi harus diingat ya bunda, jangan terlalu memforsir diri. Jika memang tubuh sudah lelah, jangan dilanjutkan dulu. Berilah waktu untuk tubuh beristirahat sejenak.

7. Duduk Bersila

duduk bersila tips memperlancar saat melahirkan

Image Source

Posisi duduk sila yang benar adalah dengan mempertemukan kedua telapak kaki, lalu menarik keduanya hingga menyentuh paha bagian atas. Hal ini bisa bunda lakukan sewaktu-waktu. Posisi ini merupakan posisi duduk terbaik sehingga sikap badan tetap tegak dan bunda tidak terlalu menekan tulang ekor sehingga nyeri punggung yang biasa bunda alami saat hamil bisa berkurang.

8. Birthing Ball

cara agar melahirkan lancar birthing ball

Image Source

Bukannya itu gym ball ya? Yup, betul. Bunda bisa menggunakan birthing ball ini untuk menggerakkan panggul dengan variasi gerakan. Bisa dengan menggoyangkan panggul memutar, menggeser panggul ke kanan dan ke kiri atau ke depan dan belakang dan banyak lagi yang lainnya. Untuk lebih jelasnya bunda bisa melihat beberapa video di youtube tentang variasi gerakan ibu hamil dengan menggunakan birthing ball.

Duduk di birthing ball juga dapat mengurangi ketidaknyamanan yang bunda rasakan seperti nyeri pinggang dan hemoroid, serta dapat mengatur posisi duduk bunda agar tetap tegak.

9. Side Lying

agar melahirkan lancar side lying

Image Source

Posisi tidur seperti ini sangat nyaman untuk ibu hamil. Usahakan agar posisi bantal diantara betis tidak terlalu tinggi agar bunda tidak mudah merasa lelah. Kami anjurkan agar bunda lebih sering miring ke arah kiri dan meminimalkan posisi terlentang karena selain dapat membuat bunda sesak, hal ini juga dapat menyebabkan tertekannya vena kava inferior sehingga suplai aliran darah dari tubuh bunda ke janin menjadi terhambat.

10. Invertion

posisi inversion untuk mempercepat melahirkan

Image Source

Kelihatannya memang cukup berbahaya ya bunda. Untuk itu jangan mencoba melakukannya sendiri. Minta tenaga medis mendampingi dalam melakukan langkah ini. Jika saat posisi kepala naik terasa pandangan berkunang bahkan disertai pusing, hentikan sejenak langkah ini. Duduklah dengan posisi yang nyaman dan minum air putih sebanyak mungkin.

Umumnya langkah ini dilakukan untuk ibu hamil dengan posisi janin sungsang. Dengan melakukan invertion ini diharapkan bayi dapat memutarkan tubuhnya sedikit demi sedikit hingga posisi kepala berada di dasar panggul.

 

* * *

 

Nah, baiklah bunda, langkah hal di atas merupakan beberapa exercise yang bisa bunda lakukan di rumah. Bunda bisa membuat tabel aktivitas apa saja yang akan dilakukan setiap harinya dan men-check list mana saja yang sudah bunda lakukan hari ini. Semoga tips diatas bermanfaat untuk melancarkan proses persalinan dan menimalkan trauma pasca persalinan nantinya. Selamat menanti calon buah hati bunda. 🙂