makanan pantangan asam urat jus bayam

Image Source

Jika Anda merasa punya asam urat tinggi, atau salah satu saudara atau anggota keluarga memiliki penyakit asam urat, maka Anda wajib mengetahui makanan apa saja yang menjadi pantangan bagi mereka. Jika tidak, penyakit asam uratnya akan kambuh atau malah tambah parah. Anda tidak berharap tambah sakit, bukan?

Sebagai tambahan informasi, penyakit asam urat (gout) merupakan penyakit degeneratif yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat (natrium urat) pada persendian. Kristal tersebut akan merusak jaringan dipersendian. Oleh karena itu, ini umumnya penyakit asam urat diindikasikan dengan pembengkakan, ruam merah, nyeri, dan kekakuan pada persendian.

Sakit persendian akibat asam urat disebut sangat menyakitkan dan membatasi pergerakan. Salah satu penyebab dari tingginya asam urat dan munculnya gejala gout pada asam urat adalah dikonsumsinya makanan yang berpotensi memiliki banyak basa purin. Nah, untuk mencegah naiknya asam urat dan timbulnya penyakit gout, berikut 7 jenis makanan pantangan yang harus dihindari atau dibatasi jumlah konsumsinya.

Makanan Pantangan Bagi Penderita Asam Urat

Jika Anda didiagnosis memiliki asam urat tinggi, maka langkah yang harus Anda lakukan adalah menghindari makanan yang memicu naiknya asam urat. Makanan pantangan bagi penderita asam urat adalah makanan yang banyak mengandung basa purin.

Di dalam tubuh, basa purin akan diubah menjadi asam urat. Jadi, jika Anda mengonsumsi makanan yang banyak basa purinnya, maka kandungan asam urat dalam darah otomatis akan meningkat. Begitu pula resiko penyakit yang ditimbulkan asam urat, terutama gout.

Daftar minuman & makanan pantangan asam urat:

  1. Daging, jeroan dan olahannya
  2. Ikan dan seafood
  3. Beras utuh (beras cokelat, merah, dan hitam)
  4. Gula dan makanan manis
  5. Kacang-kacangan
  6. Jamur
  7. Sayuran : Asparagus, kembang kol, dan bayam

Penasaran mengapa makanan-makan bergizi diatas malah menyebabkan asam urat? Berikut penjelasannya!

Daging-dagingan

pantangan asam urat daging

Image Source

Daging dan jeroan hewan seperti hati, paru, otak, dan berbagai olahannya memiliki citarasa yang khas hingga disukai masyarakat. Sayangnya daging dan jeroan memiliki basa purin yang tinggi hingga kadar asam urat dapat meroket akibat makanan tersebut.

Jika Anda merupakan penderita asam urat, usahakan jangan memakan jeroan. Konsumsi daging-dagingan masih diperbolehkan namun batasi jumlahnya. Anda hanya boleh mengonsumsi empat ons daging perhari untuk menjaga agar asam urat Anda tetap terjaga.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal Rheumathology menyebutkan, bahwa dengan mengurangi konsumsi makanan dari daging dan jeroan hewan, otomatis akan mengurangi kenaikan asam urat dalam darah.

Solusi untuk tetap mendapatkan protein hewani adalah mengonsumsi susu, daging rendah lemak, dan telur.

Ikan dan Seafood

pantangan asam urat ikan dan seafood

Image Source

Beberapa jenis ikan seperti ikan tuna, tongkol, nila, teri, belut dan sarden adalah jenis ikan yang mengandung basa purin tinggi. Begitu pula seafood sepeti cumi, rajungan, kerang, dan tiram. Kedua jenis makanan tersebut harus dihindari bahkan dibatasi konsumsinya. Contoh ikan dan seafood yang pantang dikonsumsi penderita asam urat adalah sebagai berikut:

  • Teri
  • Sarden
  • Kerang
  • Cumi
  • Makarel

Beras Cokelat, Merah dan Hitam

pantangan makanan penderita asam urat beras

Image Source

Beras cokelat, merah, dan hitam selalu identik dengan kesehatan. Kandungan vitamin, antioksidan, dan seratnya yang tinggi membuat beras cokelat lebih diunggulkan dibandingkan beras putih. Tapi beras cokelat ternyata memiliki purin yang tinggi. Hal ini karena lapisan beras yang memiliki kandungan purin tinggi tidak dihilangkan dalam proses penggilingan. Hingga beras cokelat termasuk makanan yang pantang dikonsumsi dalam jumlah dan frekuensi yang besar.

Bukan hanya beras cokelat. Beras yang tidak digiling total seperti beras merah dan hitam juga harus dibatasi jumlahnya. Jika Anda ingin tetap mendapatkan manfaat kesehatan beras-beras tersebut tanpa takut asam urat naik, campurlah dengan beras putih yang kadar purinnya sangat rendah. Solusi lain adalah mengonsumsi sumber karbohidrat lain seperti ubi dan singkong.

Gula dan Makanan Manis

pantangan asam urat gula

Image Source

Asam urat tidak selalu disebabkan oleh makanan yang mengandung purin tinggi. Makanan yang mengandung gula juga dapat meningkatkan asam urat. Jenis gula yang dikaitkan dengan kenaikan asam urat adalah fruktosa. Fruktosa banyak dikandung dalam gula pasir (sukrosa, yang tersusun dari fruktosa dan glukosa), buah-buahan dan makanan lain yang mengandung gula.

Kenaikan asam urat akibat konsumsi fruktosa terjadi karena saat fruktosa diubah menjadi energi, tubuh akan menghasilkan purin dalam jumlah tinggi. Selanjutnya, purin-purin tersebut dimetabolisme menjadi asam urat. Jadi, makin tinggi jumlah fruktosa yang Anda konsumsi, makin meroket pula asam urat dalam darah Anda.

Makanan dan minuman yang harus dihindari karena mengandung fruktosa tinggi antara lain:

  • Gula
  • Madu
  • Minuman bersoda
  • Sirup
  • Jus dengan tambahan gula
  • Buah apel
  • Buah jeruk

Sebagai alternatif dari gula, Anda dapat menggunakan beberapa jenis gula buatan yang lebih lambat dimetabolisme tubuh. Beberapa jenis soda juga telah memproduksi minuman yang tidak diberi gula hingga aman dikonsumsi.

Kacang-kacangan

pantangan asam urat kacang

Image Source

Anda pasti sudah sering diperingatkan dokter untuk mengurangi makan kacang, kedelai, kacang hijau, dan kacang panjang. Sebagai contoh, kacang kedelai memiliki kandungan purin sebesar 190 mg/100g. Jumlah tersebut bahkan lebih tinggi dari kadar purin daging sapi (rata-rata 100 mg/100 g).

Jadi bagaimana jika Anda tetap ingin mengonsumsi kacang-kacangan?

Solusinya konsumsilah makanan fermentasi seperti tempe dan oncom. Mikroorganisme pada tempe mampu mengurangi jumlah total purin dalam kacang-kacangan. Dengan demikian, Anda tetap mendapat manfaat dari kacang-kacangan tanpa takut asam urat naik.

Jamur-jamuran

makanan pantangan asam urat jamur

Image Source

Jamur merupakan bahan makanan lain yang memiliki purin cukup tinggi. Akibatnya, beberapa situs kesehatan menyebut jamur sebagai makanan pantangan bagi penderita asam urat. Jamur memiliki kisaran asam urat diantara 50 hingga 400 mg/100g. Sehingga lebih baik mengurangi porsi jamur dalam makanan Anda. Solusi lain adalah dengan mengonsumsi jamur yang rendah purin seperti jamur tiram.

Sayuran Kaya Purin

bayam pantangan penderita asam urat

Image Source

Sayuran dan makanan yang terbuat dari tumbuhan memang memiliki jumlah purin yang rendah. Tapi beberapa jenis sayur, terutama bayam, asparagus, dan kembang kol termasuk makanan yang pantang dikonsumsi dalam jumlah besar bagi penderita asam urat. Jumlah saji sayuran tersebut bagi penderita asam urat dibatasi hanya sekitar 1/2 porsi saja selama 5 hari dalam seminggu. Jika Anda khawatir asupan vitamin dan zat Anda berkurang akibat jumlah porsi yang dikurangi, pilihlah sayuran lain yang rendah purin seperti selada, wortel, dan brokoli.

Penutup

Kunci agar Anda tetap sehat meski menderita asam urat adalah menghindari dan membatasi jumlah bahan makanan tertentu, terutama makanan yang kaya purin seperti daging, ikan, kacang-kacangan, dan jamur tertentu. Selain makanan yang kaya purin, makanan yang mengandung gula tinggi juga harus dihindari.

Jika Anda tetap ingin mendapat asupan gizi yang seimbang, Anda dapat mengonsumsi makanan pengganti yang lebih rendah purinnya. Untuk mendapatkan informasi diet purin yang tepat bagi kondisi Anda, sebaiknya konsultasikan masalah Anda pada ahli gizi atau dokter.