berapa kadar kolesterol normal

Image Source

Pengertian Kolesterol

Kolesterol adalah salah satu jenis lemak padat seperti lilin yang sangat mudah menempel dan membentuk plak pada dinding pembuluh darah. Selain diproduksi di dalam hati, kolesterol di dalam tubuh diperoleh dari makanan berlemak yang berasal dari hewan seperti susu, otak, daging, ikan, telur, dan jeroan.

Dalam tubuh manusia terdapat 2 jenis kolesterol, yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat HDL. Kolesterol baik dikenal dengan istilah high-density lipoprotein (HDL), sedangkan kolesterol jahat dikenal low-density lipoprotein (LDL).

Manfaat Kolesterol dalam Tubuh

  1. Penyusun membran sel
  2. Bahan baku hormon
  3. Sumber energi
  4. Pelarut beberapa vitamin terutama vitamin D yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan tulang
  5. Bahan baku empedu yang digunakan untuk mengemulsikan lemak makanan

Masalah Kesehatan Akibat Kolesterol Tinggi

02 penyakit karena kolesterol tinggi

Image Source

Meski peranannya penting, kolesterol darah yang tinggi dapat menimbulkan masalah kesehatan. Masalah kesehatan yang umumnya diakibatkan oleh kolesterol darah yang tinggi adalah sebagai berikut:

  1. Penyumbatan dan pengerasan arteri (arterosklerosis): Penumpukan kolesterol pada dinding bagian dalam arteri yang menyebabkan arteri menyempit dan kehilangan fleksibilitas. Kondisi ini membahayakan karena memicu pembekuan darah dan inflamasi.
  2. Serangan jantung : jika penumpukan kolesterol terjadi di pembuluh darah jantung, kemungkinan penderita terserang serangan jantung sangat tinggi.
  3. Stroke : Penumpukan kolesterol akan membuat aliran darah ke-otak berhenti dan timbullah gejala stroke
  4. Hipertensi: Arteri yang mengeras akibat penumpukan kolesterol akan membuat jantung memompa darah lebih kuat. Keadaan tersebut mengakibatkan tekanan dalam pembuluh darah makin meningkat.
  5. Diabetes: Penderita diabetes memiliki masalah keseimbangan kolesterol yang menyebabkan mereka cenderung lebih banyak memiliki kolesterol jahat pada darahnya. Kolesterol jahat bertindak seperti spons yang menyerap glukosa dalam darah. Akibatnya, glukosa tidak terserap dan tidak dapat digunakan oleh sel, dengan demikian, kandungan gula dalam darah akan terus tinggi.

Kadar Kolesterol Normal pada Anak

03 kadar kolesterol normal pada anak

Image Source

Anak-anak cenderung memiliki rentang HDL dan LDL normal yang lebih tinggi dibandingkan orang dewasa karena kolesterol sangat dibutuhkan dalam masa pertumbuhan. Namun, kita perlu memastikan bahwa kadar kolesterol yang ada pada tubuh anak masih dalam kisaran normal. Jumlah total kolesterol yang normal pada anak-anak adalah kurang dari 170 mg/dl.

Seorang anak mungkin memiliki kolesterol tinggi karena berbagai faktor. Penyebab kolesterol tinggi pada anak yang umum antara lain obesitas, diabetes, penyakit hati, penyakit ginjal, atau hypothyroidism (kinerja kelenjar tiroid yang tidak baik).

Tabel kisaran kolesterol normal anak usia 10-19 tahun:

Jumlah Kolesterol HDL LDL Triglicerides
Normal Kurang dari 170 Kurang dari 45 Kurang dari 110 Kurang dari 75 inci anak umum 0–9 tahun; Kurang dari 90 untuk anak umur 10–19 tahun
Batas Normal 170–199 40–45 100–129 75–99 untuk anak 0–9 tahun; 90–129 untuk anak umur 10–19 tahun
Tinggi Lebih dari 200 Lebih dari 130 100 atau lebih untuk anak umur 0–9 tahun; 130 atau lebih untuk anak umum 10–19 tahun
Rendah Kurang dari 40

Sumber National Institutes of Health (NIH).

Cara membaca hasil pengukuran kolesterol sangatlah mudah. Anda perlu mencocokkan hasil pengukuran dengan kisaran kolesterol pada tabel.

Sebagai contoh, jika kadar total kolesterol buah hati Anda terbaca 157 mg/dl, maka buah hati Anda berada pada kategori sehat. Hal ini karena hasil pengukuran tersebut lebih kecil dari 170 mg/dl, yang merupakan batas atas kadar kolesterol baik pada anak-anak.

Contoh yang lain, jika hasil pengukuran kolesterol total berada pada angka 201 mg/dl, maka Anda harus waspada. Karena anak Anda memiliki kolesterol tinggi dan berada pada kategori awas.

Tabel Kolesterol Normal pada Orang Dewasa

04 kadar kolesterol normal untuk dewasa

Image Source

Umumnya, Jumlah total kolesterol yang normal pada orang dewasa adalah kurang dari 200 mg/dl.
Nah, Untuk Anda yang ingin tahu apakah kolesterol darah Anda ada pada kisaran normal, Anda dapat mencocokkan hasil pengukuran kolesterol darah Anda pada tabel berikut. Tabel ini adalah tabel kisaran kolesterol yang dirilis oleh National Institutes of Health (NIH).

Jumlah Kolesterol HDL LDL Triglicerides
Normal Kurang dari 200 Lebih dari 40 Kurang dari 100 Kurang dari 149
Batas Normal 200–239 130–159 150–199
Tinggi Lebih dari 240 Lebih dari 160 Lebih dari 200
Rendah Kurang dari 40

Tabel 2 Kisaran kolesterol pada orang dewasa (satuan: mg/desiliter darah)

Cara membaca tabel kadar kolesterol pada orang dewasa sama dengan cara membaca tabel kolesterol anak. Bedanya, orang dewasa memiliki kisaran HDL dan LDL yang lebih rendah dibandingkan anak-anak.
Perhatikan contoh berikut!

Jika Anda mendapatkan hasil pengukuran kolesterol seperti dibawah ini:

  • Kolesterol total 195 mg/dl
  • HDL 40 mg/dl
  • LDL 90 mg/dl
  • Trigliseraldehid 140 mg/dl

Maka Anda termasuk orang dewasa yang memiliki kolesterol yang baik. Anda harus menjaga pola makan dan gaya hidup Anda agar kisaran tersebut tetap berada pada titik aman.

Cara Menurunkan Kolesterol

05 cara menurunkan kolesterol dengan olah raga

Image Source

  1. Mengonsumsi makanan yang sehat : Konsumsilah makanan yang tinggi kandungan asam lemak omega 3 seperti minyak ikan dan minyak sayur. Gantilah porsi nasi atau roti Anda dengan ubi, oatmeal atau sumber karbohidrat lain yang lebih sehat. Akan lebih baik lagi jika Anda mengkonsultasikan perubahan pola diet Anda pada dokter atau ahli gizi.
  2. Banyak berolahraga dan beraktivitas: Penelitian telah menunjukkan bahwa aktivitas fisik dapat menurunkan kolesterol LDL, trigliserida dan meningkatkan HDL yang baik bagi kesehatan. Lakukan latihan fisik ringan seperti berenang, jogging, berjalan santai hingga melakukan kegiatan rumahan. Jika Anda sudah didiagnosis menderita penyakit kardiovaskular akibat
  3. Menjaga berat badan: Khusus Anda yang menderita obesitas, mengurangi berat badan juga dapat sekaligus meningkatkan HDL dan mereduksi jumlah LDL. Mengelola stres. Penelitian telah menunjukkan bahwa stres kronis terkadang dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL dan menurunkan kadar kolesterol HDL.
  4. Berhenti merokok: Berhenti merokok memang tidak ada kaitan dengan perubahan kandungan kolesterol darah. Tapi, merokok mampu meningkatkan resiko gangguan fungsi kardiovaskular (fungsi jantung dan pembuluh darah) yang diakibatkan oleh penumpukan kolesterol. Zat-zat kimia berbahaya dalam asam rokok dapat terbawa oleh aliran darah. Senyawa-senyawa tersebut kemudian menyebabkan arteri dan vena menjadi kaku.
  5. Hindari pantangan: Sebisa mungkin jauhilah daging merah, susu fullcream dan makanan berlemak jenuh lainnya. Karena makanan tersebut mampu menaikkan kadar kolesterol darah secara signifikan.