01 berapa kadar gula darah normal

Image Source

Jika Anda membeli sebuah alat pengukur kadar gula darah, hal pertama yang Anda harapkan pastilah kadar gula darah yang ada dalam kisaran kadar gula normal. Betul?

Tapi, pertanyaan terbesarnya adalah, berapa kadar gula darah yang dianggap normal?

Berdasarkan ilmu sains, kadar gula darah didefinisikan sebagai konsentrasi glukosa dalam darah. Umumnya, kadar gula dalam darah dinyatakan sebagai milligram perdesiliter atau milimol dalam seliter darah. Kadar gula dalam darah diatur oleh mekanisme homeostatis tubuh yang melibatkan hormone insulin yang disekresikan oleh organ pankreas.

Nah, Pada suatu keadaan tertentu, kadar gula dalam darah cenderung turun atau naik secara drastis. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengecekan kadar gula darah secara teratur. Terutama bagi mereka yang beresiko menderita diabetes.

Apa Saja Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kadar Gula Darah?

02 makanan mempengaruhi kadar gula darah normal

Image Source

Ternyata, faktor yang menyebabkan naik-turunnya gula darah bukan hanya makanan. Beberapa faktor-faktor yang menyebabkan fluktuasi gula darah tersebut antara lain:

  1. Aktivitas fisik : Aktivitas fisik membutuhkan banyak energi dan energi tersebut diperoleh dengan cara memecah glukosa melalui respirasi. Aktivitas fisik akan membuat tubuh mengeluarkan insulin hingga kadar gula darah menurun secara alami dengan berolah raga atau aktivitas fisik lainnya.
  2. Makanan dan Minuman : Makanan dan minuman, terutama yang memiliki indeks glikemik tinggi cenderung meningkatkan kadar gula darah. Oleh karena itu, jika Anda memiliki resiko atau menderita diabetes, sebaiknya Anda mengurangi beberapa makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi misalnya nasi, roti putih, dan gula pasir.
  3. Gaya hidup : Gaya hidup sehat seperti tidak merokok dan mengontrol emosi merupakan gaya hidup yang dapat menurunkan kadar gula darah secara alami. Kebiasaan merokok dan emosi tidak terkontrol cenderung membuat Anda memiliki kadar glukosa darah diatas normal.
  4. Hormon insulin : Kadar glukosa dalam darah dipengaruhi oleh hormon insulin yang dihasilkan pankreas. Insulin adalah hormon peptide yang mengatur metabolisme karbohidrat dan lemak dalam tubuh. Insulin memicu penyerapan gula darah oleh sel-sel di hati, otot rangka, dan jaringan lemak.

Berapa Kisaran Kadar Gula Darah Normal?

03 kisaran gula darah normal menurut who

Image Source

Kadar gula darah diidentifikasi berdasarkan kondisi sebelum dan setelah makan. Umumnya, kisaran kadar gula darah dianggap normal apabila berada dalam kisaran sebagai berikut :

  • Kadar glukosa darah sebelum makan : Pada orang non-diabetes, glukosa normal dalam darah berkisar antara 70-99 mg/desiliter sedangkan pada penderita diabetes berada pada kisaran antara 80 hingga 130 mg/dl
  • Kadar glukosa darah 2 jam setelah makan : Pada individu non-diabetes berada dibawah 140 mg/dl, sedangkan gula darah penderita diabetes idealnya berada dibawah 180 mg/dl

Tabel Kadar Gula Darah Normal Versi WHO

Level Mg/dL Mml/L Risiko Hal yang disarankan
Sangat tinggi 315+ 17.4 Sangat berbahaya Secepatnya lakukan tindakan medis
Tinggi 280 15.6 Berbahaya Lakukan tindakan medis
Tinggi 250 13.7 Berbahaya Lakukan tindakan medis
Tinggi 215 11 Berbahaya Lakukan tindakan medis
Batas normal 180 10 Sedang Konsultasikan ke dokter
Batas normal 150 8.2 Sedang Konsultasikan ke dokter
Batas normal 120 7 Sedang Konsultasikan ke dokter
Normal 108 6 Tidak ada Tidak ada
Normal 72 4 Tidak ada Tidak ada
Rendah 70 3.9 Sedang Konsultasikan ke dokter
Sangat rendah 50 2.8 Tinggi Lakukan tindakan medis

Sumber http://healthiack.com

Berdasarkan tabel yang dibuat oleh WHO diatas, terdapat 5 level gula darah dalam tubuh manusia yaitu level sangat rendah (dangerous low), rendah (low), normal, ambang batas, tinggi, dan sangat tinggi. Berikut penjelasan dari kelima level tersebut yang akan kita bahas berdasarkan dari yang tertinggi:

  1. Sangat tinggi : Kadar gula darah dianggap berbahaya dan tinggi sekali jika hasil pengukuran kadar gula darah Anda lebih tinggi dari 315 mg/dl. Resiko Anda terkena diabetes sangat tinggi dan Anda harus secepatnya menghubungi dokter untuk mendapatkan pertolongan medis.
  2. Tinggi : Jika kadar gula Anda berada pada kisaran 215-280 mg/dl, maka Anda berada dalam kategori memiliki kadar gula darah tinggi. Jika demikian, Anda harus menghubungi dokter untuk mendapatkan pertolongan medis dan menurunkan kadar gula darah Anda ketitik normal.
  3. Ambang batas normal: Jika Anda memiliki kadar glukosa darah pada kisaran 120 hingga 180 mg/dl, maka Anda berada dikategori ambang batas normal. Pada kategori ini Anda harus waspada dan mengubah gaya hidup Anda. Anda juga harus berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan saran menurunkan kadar gula darah Anda ketitik normal
  4. Normal : Seperti yang telah Anda ketahui, kisaran kadar darah normal berada pada angka 70-99 mg/dl sebelum makan dan pada kisaran dibawah 140 mg/dl setelah makan. Untuk Anda yang memiliki gula darah normal, hendaknya tetap menjaga pola makan agar gula darah Anda tidak naik.
  5. Rendah : Kadar glukosa darah Anda rendah jika Anda memiliki kadar gula dibawah 70 mg/dl. Resikonya tidak terlalu tinggi, namun Anda harus segera menghubungi dokter untuk mendapat pengobatan atau solusi lain agar kadar gula darah Anda meningkat menjadi normal
  6. Sangat rendah : Jika kadar gula Anda hanya 50 atau kurang dari 50 mg/dl, maka Anda harus segera mendapatkan pertolongan medis. Kondisi yang disebut hypoglikemia ini memiliki gejala antara lain tremor, pusing, muntah-mual (nausea), cemas berlebih (ansieti) hingga tidak responsif pada rangsangan. Jika Anda mengalami gejala gula darah rendah diatas, Anda harus segera mengonsumsi minuman dengan gula tinggi dan segera mencari pertolongan medis.

Penutup

Demikian penjelasan singkat tentang berapa kadar gula darah normal dalam tubuh kita berdasarkan WHO. Semoga pembahasan ini menambah wawasan Anda tetang level gurah darah dari yang sangat rendah, normal, dan sangat tinggi. Apabila ada pertanyaan, silakan ketik pertanyaan Anda di bagian komentar. Terima kasih dan semoga aktifitas Anda hari ini lancar dan menyenangkan.