cara meredakan flu dengan alami

Image Source

Flu adalah hal yang lumrah dialami setiap orang. Hampir seluruh manusia di dunia ini pasti pernah mengalaminya. Flu bisa terjadi kapan saja. Bisa karena daya tahan tubuh yang rentan terhadap bakteri sekitar atau efek dari perubahan cuaca. Yang sering disalah kaprahkan oleh banyak orang adalah mengira bahwa flu merupakan suatu penyakit sehingga perlu diobati dengan obat atau bahan kimia tertentu. Padahal sebenarnya flu merupakan kondisi dimana tubuh tidak mampu mengantisipasi virus yang masuk.

Umumnya flu hanya dialami orang dengan keadaan capek dan atau berkontak langsung dengan orang sekitar yang juga terkena flu. Flu yang baru dialami dalam waktu kurang dari 3 hari tidak perlu dibasmi dengan obat-obatan tertentu. Kita hanya perlu mengantisipasi kontak langsung dengan penderita dan menjaga pola makan dan istirahat agar flu yang dialami tidak semakin berlanjut menjadi influenza.

Jika daya tahan tubuh kita kuat, flu akan hilang dengan sendirinya tanpa perlu intervensi lebih lanjut. Namun, keadaan hidung tersumbat hingga membuat proses bernafas menjadi lebih berat membuat penderita tidak nyaman dengan kondisi tersebut. Tidak perlu terburu-buru mengkonsumsi obat pereda flu, cobalah beberapa cara alami seperti di bawah ini untuk meredakan flu yang kalian alami.

1. Perbanyak konsumsi air putih

memperbanyak minum air putih meredakan flu

Image Source

Kandungan air dalam tubuh manusia dewasa sekitar 55 – 60%. Data ini menandakan bahwa kebutuhan tubuh kita akan cairan sangatlah tinggi karena lebih dari setengah persen tubuh kita terdiri dari cairan.

Air putih memang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Beberapa diantaranya adalah mengganti elektrolit yang hilang, menjaga keseimbangan cairan tubuh, meningkatkan energi, mengontrol kalori, menurunkan berat massa tubuh, menjaga fungsi ginjal, meningkatkan fungsi otak, meningkatkan sistem peredaran darah dan melawan beberapa penyakit bahkan yang berbaya sekalipun.

Meminum banyak air putih juga membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Proses keluarnya keringat dan atau buang air kecil merupakan proses mekanisme tubuh dalam mengeluarkan racun. Dan air putih disini salah satu upaya proses mekanisme tersebut dapat berjalan dengan baik. Hal itu juga berlaku bagi jenis virus yang menyebabkan flu.

2. Kombinasi lemon dan madu

lemon dan madu meredakan flu

Image Source

Sejak dulu lemon telah menjadi andalan dalam menangkal penyakit yang berhubungan dengan penurunan imun tubuh manusia. Kandungan vitamin C dalam lemon sangat bermanfaat dalam menangkal berbagai virus yang masuk dalam tubuh. Tidak hanya vitamin C, kandungan vitamin B-kompleks, kalsium, zat besi, magnesium, kalium dan serat juga menjadi senjata ampuh lemon untuk menangkal berbagai racun yang tersebar dalam tubuh.

Begitu pula dengan madu. Sebuah studi 2007 dari Penn State Collage of Medicine mengatakan bahwa madu sangat efektif dalam menghilangkan flu ataupun batuk yang bermula dari pilek. Kandungan dekstrometorfan dan fitonutrien dalam madu dapat memberi manfaat anti-inflamasi dan antioksidan yang tentunya baik untuk kesehatan.

Perpaduan antara lemon dan madu bisa menjadi ramuan terbaik untuk melawan bakteri dan virus yang merugikan. Campuran keduanya dapat diminum secara langsung dari sendok atau diaduk dalam air panas seperti saat menyeduh teh. Uap dan kehangatan yang dihasilkan juga dapat meredakan sakit tenggorokan serta meredakan hidung tersumbat.

Kalian juga bisa menambahkan jahe jika mau. Tetapi jangan lupa teman-teman, sebelum menggabungkan keduanya, pastikan madu yang kalian konsumsi merupakan madu murni ya, bukan madu dengan kandungan glukosa yang tinggi.

3. Konsumsi Sup Ayam

menyembuhkan flu dengan sup ayam hangat

Image Source

Sebuah study yang dilakukan oleh Stephen Rennard seorang spesialis peradangan di University of Nebraska Medical Centre tahun 2000 di Ohama, menemukan jika sup ayam bisa menghambat pergerakan sel darah putih dalam tubuh penyebab flu. Sup ayam juga melawan infeksi pada hidung serta tenggorokan dengan baik ketika seseorang mengalami flu.

Tapi ingat, sup ayam yang dikonsumsi adalah sup ayam yang masih hangat ya. Karena tidak hanya dengan mengkonsumsinya saja, bahkan dengan menghirup uap sup ayam, hal ini bisa melegakan tenggorokan dan melancarkan pernafasan.

Study kedua yang dilakukan oleh para peneliti di Sinai Medical Centre, Miami menyebutkan jika menghirup uap sup ayam bisa membuat flu sembuh secara perlahan. Lagi pula rasa sedap dalam sup ayam juga membantu penderi flu untuk tetap nyaman menyantap makanan, mengingat mulut kerap kali akan terasa pahit saat sistem imun tubuh menurun.

4. Berjemur di Bawah Sinar Matahari

meredakan flu dengan berjemur di bawah sinar matahari

Image Source

Berjemur sinar matahari di pagi hari bisa menjadi kegiatan menyenangkan sekaligus bermanfaat. Karena sinar matahari di bawah jam 10 pagi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan memicu aktifnya sel darah putih.

Sebuah riset yang dipublikasikan jurnal Nature Immunology menyimpulkan vitamin D yang terkandung dalam sinar UV tidak hanya membuat kulit terlindungi tetapi juga mengaktifkan sel darah putih yang melindungi tubuh dari flu, makanan beracun bahkan kanker. Sebelumnya, peneliti dari Univercity of Copenhagen telah menganalisa terkait dugaan keampuhan vitamin D untuk mengaktifkan sistem kekebalan tubuh manusia.

5. Istirahat yang Cukup

meredakan flu dengan banyak istirahat

Image Source

Selain menjaga pola makan yang baik, yang juga perlu diperbaiki adalah pola istirahat kita. Menjaga asupan yang dikonsumsi tidak akan meraih hasil yang sempurna jika pola istirahat kita masih tidak teratur.

Ingatlah bahwa tubuh tidak hanya butuh terisi makanan, tetapi juga perlu istirahat dengan merilekskan otot-otot. Memenuhi asupan nutrisi yang baik diimbangi dengan istirahat yang cukup sangat berpengaruh unruk meredakan flu yang kita alami. Pelemasan otot-otot saat kita istirahat dapat membantu menyerapan nutrisi yang telah kita konsumsi. Disamping itu beristirahat dapat mengembalikan tenaga yang telah terkuras habis dengan berbagai aktivitas yang cukup berat.

 

* * *

 

Baiklah teman-teman semoga beberapa tips di atas dapat membantu mengurangi flu yang. Ingat, saat imun tubuh mulai menurun, jangan dengan cepat mengkonsumsi obat atau jenis suplemen. Ringankan tubuh kita dengan bahan alami terlebih dahulu, sehingga tubuh tidak ketergantungan dengan berbagai bahan kimia 🙂