cara mengobati asam urat secara alami

Image Source

Cara mengobati asam urat itu gampang! Mengobati asam urat dari dalam atau mengobati dari luar. Pada artikel ini, kita akan fokus pada pengobatan asam urat dari dalam, yaitu dengan obat yang harus dimakan atau diminum.

Obat yang pertama adalah dengan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Umunya, obat-obatan yang diresepkan dokter terdiri dari dua jenis. Ada obat yang yang berfungsi untuk menyembuhkan dan meringankan radang sendi akibat asam urat. Ada juga obat yang berfungsi untuk menurunkan kadar asam urat.

Pengobatan yang kedua adalah dengan makanan. Hipocrates, ahli kedokteran dari Yunani, mengatakan bahwa, “Jadikan makananmu sebagai obat.” Selain pengobatan secara medis dari dokter, sebenarnya alam sudah menyediakan obat alami untuk meredakan sekaligus menurunkan kadar asam urat dalam tubuh Anda.

Penyakit Asam Urat

 

pengobatan penyakit asam urat

Image Source

Penyakit asam urat merupakan salah satu penyakit yang membuat penderitanya tidak nyaman bergerak. Penyebabnya adalah penumpukan kristal natrium urat dipersendian. Nyeri sendi tersebut bukan masalah kesehatan utama yang diakibatkan kadar asam urat darah tinggi.

Beberapa penyakit seperti gagal ginjal, darah tinggi dan gangguan metabolisme merupakan contoh penyakit yang disebabkan oleh asam urat. Oleh karena itu, pengobatan asam urat merupakan langkah yang harus segera diambil untuk Anda yang menderita asam urat tinggi.

Pada artikel ini, Anda akan mempelajari pengobatan asam urat secara medis dan alami. Keduanya memiliki efektifitas yang berbeda. Pengobatan medis lebih cepat kinerjanya, namun memiliki efek samping yang kadang membuat tidak nyaman. Sedangkan pengobatan alami kinerjanya lebih lambat, namun rasanya lezat dan dapat dinikmati tiap hari. Jadi jenis pengobatan mana yang akan Anda pilih?

Seperti yang telah Anda ketahui, pengobatan asam urat secara medis dibagi dua yakni pengobatan gout dan menurunkan asam urat. Berikut contoh dan mekanisme dari kedua jenis pengobatan tersebut :

Obat Pereda dan Penghilang Gout

mengobati asam urat nsaid

Image Source

1. Anti-Inflamasi Non-Steroid

Non-steroid anti inflamation (NSAID) adalah anti pembengkakan, antipiretik dan anti nyeri yang sering diberikan pada penderita asam urat dan artritis. Karena penumpukan asam urat pada persendian menyebabkan nyeri dan pembengkakan, maka obat jenis ini cocok untuk mengobati gejala tersebut.

2. Kortikosteroid

Selain NSAID, kortikosteroid juga mampu mencegah inflamasi dan nyeri pada persendian akibat asam urat. Kortikosteroid dapat disuntikkan pada sendi yang bengkak atau diminum secara oral. Kortikosteroid sebenarnya sudah diproduksi oleh tubuh. Namun, jumlahnya tidak mencukupi untuk menyembuhkan gejala gout. Oleh karena itu, para penderita gout diberi hormon adrenocorticotropic hormone (ACTH) yang mampu meningkatkan produksi kortikosteroid secara alami.

3. Kolkisin

Kolkisin juga menyembuhkan pembengkakan sendi pada penyakit asam urat. Mekanisme anti-inflamasi dari kolkisin ini melibatkan banyak faktor. Salah satu dari mekanisme tersebut adalah penghambatan imunitas pada jaringan persendian yang dipicu oleh kristal urat. Terhambatnya proses ini menyebabkan sendi tidak akan membengkak dan terasa nyeri lagi. Kolkisin pada dasarnya adalah senyawa toksik. Jadi pastikan Anda mengikuti saran dokter apabila memilh kolkisin sebagai pengobatan asam urat.

Obat Penurun Asam Urat

obat penurun asam urat allopurinol

Image Source

1. Allopurinol

Allopurinol adalah senyawa yang menghambat enzim xantin oxidase. Enzim tersebut merupakan katalis yang krusial dalam pemecahan purin menjadi asam urat. Jika kinerja enzim tersebut terhambat, maka otomatis asam urat yang dihasilkan dan dibawa dalam darah menurun. Jika asam urat turun, maka resiko Anda terkena gout, gagal ginjal, dan gangguan lain akan ikut sirna.

2. Pegloticase

Peglotikase adalah enzim urikase yang telah dibalut oleh pegylated polyethilen glycol. Enzim ini menurunkan kadar asam urat darah dengan memecah asam urat menjadi senyawa lain yang mudah diekskresikan oleh tubuh. Peglotikase umumnya digunakan untuk mengobati gout yang sudah parah. Enzim ini diberikan dengan cara disalurkan melalui infus.

3. Probenecid

Probenacid adalah senyawa turunan asam benzoat. Obat ini bekerja dengan meningkatkan ekskresi asam urat oleh ginjal. Caranya adalah dengan memblokir proses penyerapan asam urat oleh ginjal saat proses pembentukan urin. Meningkatnya sekresi asam urat akan menurunkan jumlah asam urat dalam darah, demikian pula penyakit yang diakibatkan oleh asam urat tersebut.

4. Lesinurad

Selaras dengan probenecid, lesinurad juga mencegah ginjal menyerap kembali asam urat saat pembentukan urin. Lesinurad menghambat protein URAT1 dan OAT4 yang berfungsi sebagai pompa asam urat. Dengan demikian, jumlah asam urat yang terbuang bersama urin juga lebih besar.

Buah dan Sayur Lezat Anti Asam Urat

buah penurun asam urat

1. Buah Ceri

Buah ceri bukan hanya legit dan segar dinikmati. Buah ini juga terbukti mampu mengurangi kadar asam urat dalam darah. Konsumsi buah ceri selama dua hari mampu mencegah gejala gout sebesar 35%. Buah ceri juga memiliki anti-inflamasi alami yang dapat meringankan radang sendi. Ceri menurunkan kadar asam urat dengan menghambat aktivitas xanthine oxidase dan xanthine dehydrogenase. Enzim ini yang mengawali metabolisme purin menjadi asam urat. Jadi jika dua enzim ini dihambat, maka produksi asam urat akan menurun drastis.

2. Seledri

Seledri mengandung senyawa 3nB (3-n-Butylpthalide). Senyawa inilah yang membuat seledri memiliki wangi khas yang lezat. 3nB dapat menghambat xanthine oxidase, enzim yang terlibat dalam produksi asam urat di hati. Seledri juga mengandung luteolin dan apigenin. Luteolin memiliki sifat anti-inflamasi. Apigenin juga menghambat xantin oksidase, hingga asam urat dalam darah turun. Selain itu, apigenin berfungsi sebagai anti-nyeri dan anti-inflamasi yang dapat meredakan nyeri sendi akibat asam urat

3. Bawang Bombay

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bawang bombay menunjukkan penghambatan yang signifikan pada aktivitas Xanthine Dehydrogenase (XDH) dan Xanthine Oxidase (XO). Kedua enzim ini adalah enzim yang bertanggung jawab dalam pembentukan asam urat di hati. Meski efek ini lebih lemah dari allopurinol, bawang bombay bisa jadi pilihan yang lezat untuk menurunkan kadar asam urat darah Anda. Bawang bombay juga dapat menghilangkan gejala nyeri sendi akibat asam urat karena mengandung anti-inflamasi.

4. Lemon dan Jeruk Nipis

Jeruk nipis dan lemon kaya akan asam sitrat. Asam sitrat adalah pelarut asam urat, hingga tubuh mudah membuang senyawa ini melalui urin. Dengan mudahnya asam urat dilarutkan dan dibuang, maka kadar asam urat darah juga akan menurun. Sajikan setengah buah jerok lemon atau sebuah jeruk nipis dalam bentuk jus jeruk atau ditambahkan pada makanan Anda. Jadi Anda dapat mengurangi masalah asam urat dengan segarnya segelas jus jeruk.

5. Cuka Apel

Cuka sari apel bertindak seperti pembersih alami dan membantu membersihkan tubuh dari asam urat. Cuka apel mengandung asam malat yang membantu dalam memecah dan mengeluarkan asam urat dari tubuh. Selain cuka apel, buah apel segar juga mengandung asam malat. Anda bisa mengonsumsi buah apel yang asam dan segar seperti apel Malang setidaknya satu buah dalam sehari. Untuk mengonsumsi cuka apel, campur satu sendok teh cuka sari apel organik ke segelas air dan minum cuka apel ini sekali tiap hari.

Penutup

Cara mengobati asam urat bisa dengan obat yang diresepkan doker atau obat-obatan yang disediakan oleh alam. Pengobatan asam urat meliputi pengobatan yang mengurangi gejala dan kerusakan akibat menumpuknya asam urat. Jenis kedua dari pengobatan dari gangguan ini adalah dengan mengurangi kadar asam urat dalam darah. Kedua jenis pengobatan tersebut dapat dilakukan dengan mengonsumsi obat dan beberapa sayur dan buah yang juga memiliki kemampuan menurunkan asam urat. Dengan demikian, Anda bisa menyembuhkan diri dari asam urat sambil makan makanan lezat!