cara mencuci tangan 6 7 langkah

Image Source

Sudahkan kalian cuci tangan hari ini? Kedengarannya kegiatan ini adalah hal yang sepele. Tapi nyatanya tidak sedikit dari kita yang jarang menyempatkan waktu untuk sekedar mencuci tangan. Mungkin waktu yang wajib untuk mencuci tangan hanya sebelum dan setelah makan. Itupun kalau tidak lupa ^.^

Teman-teman, tahukah kalian banyak sekali kuman yang telah menempel di setiap benda yang telah kita sentuh. Dan silahkan dibayangkan berapa banyak kuman dan bakteri yang telah kita pindahkan dari satu benda ke benda yang lain. Bisa jadi bakteri dan kuman itu menyebut tangan kita sebagai alat transportasi perpindahan mereka.

Bahkan dengan sekedar cuci tangan saja belum tentu bakteri dan kuman itu bisa mati begitu saja loh teman-teman. Banyak berbagai faktor yang menghambat bakteri dan kuman itu untuk mati, salah satunya cara mencuci tangan kita yang salah.

 

* * *

 

Banyak orang yang beranggapan bahwa mencuci tangan hanya sekedar mengusap tangan dengan air atau hand scrub saja sudah bisa melenyapkan bakteri dan kuman yang bermukim di tangan kita. Persepsi itu tidak sepenuhnya salah sih, hanya saja ada beberapa bagian di tangan kita yang perlu di usap dengan seksama, baik dengan sabun dan air mengalir ataupun hand scrub.

WHO (World Health Organization) menyebutkan ada 6 langkah cara cuci tangan yang baik dan benar. Sebenarnya langkah cuci tangan dibagi menjadi 7 langkah, tetapi beberapa waktu lalu WHO telah merevisi standar operasional cuci tangan menjadi 6 langkah saja, diantaranya adalah sebagai berikut:

cara mencuci tangan menurut who 6 langkah

Image Source

Cuci Tangan 6 Langkah Menurut WHO

1.Mengusap Telapak Tangan

Setelah membasahi tangan dengan air mengalir dan meletakkan sabun cair di tangan, lalu langkah selanjutnya adalah mengusap telapak tangan kita dengan cara menggesekkan kedua telapak tangan ke atas dan ke bawah. Hal ini bertujuan untuk membunuh kuman dan bakteri di area yang paling luas dan sering melakukan kontak langsung dengan benda sekitar. Gerakan ke atas dan ke bawah membantu kita untuk membasmi kuman dan bakteri di seluruh bagian telapak tangan tanpa terkecuali.

2.Mengusap Punggung Tangan

Letakkan telapak tangan kanan di atas punggung tangan kanan atau sebaliknya, lalu usaplah dengan perlahan. Lakukan pengusapan dari punggung hingga sela-sela jari bagian atas. Selipkan jari tangan kanan ke jadi tangan kiri atau sebaliknya. Gesekan antara telapak dan punggung tangan bertujuan untuk membunuh bakteri dan kuman yang berada di punggung tangan dan sebagian sela-sela jari bagian atas yang notabene sering berinteraksi dengan berbagai benda.

3.Mengusap Sela-sela jari

Nah setelah tadi sebagian sela-sela jari telah diusap, kali ini kita mempertemukan jari-jari kanan dengan jari-jari kiri dengan posisi telapak tangan kanan berhadapan dengan telapak tangan kiri tetapi tidak saling menyentuh. Yang saling terikat hanya antar jemari saja. Lakukan pergesekan ke atas dan ke bawah secara bergantian. Langkah ini bertujuan untuk membunuh kuman dan bakteri di sela-sela jari yang menumpuk. Perlekatan antar jari satu dengan jari yang lainnya membuat kuman sangat senang tinggal di area tersebut.

4.Gerakan Mengunci

Letakkan punggung jari pada telapak tangan yang lain dengan jari saling mengunci. Posisikan jempol tetap berada di luar bagian yang terkunci. Posisi ini membantu kita mengusap sebagian punggung tangan tanpa perlu kesulitan karena jemari saling mengunci. Jempol disini berfungsi untuk mengusap bagian punggung tangan yang lain. Tidak usah memaksa jempol mengusap terlalu jauh, usap saja di bagian punggung tangan yang bisa dijangkau.

5.Mengusap Sekitar Jempol

Genggang jempol tangan kiri menggunaan tangan kanan dengan posisi jempol berada di atas. Biarkan jari tangan kiri yang lain tegak tanpa menekuk. Gunakan jempol tangan kanan yang tidak ikut menggenggam untuk mengusap dengan berlawanan arah jarum jam di sekitar jempol tangan kiri. Lakukan hal yang sama pada tangan yang lain. Langkah ini bertujuan untuk membunuh kuman di bagian terluar punggung tangan.

6.Mengusap Ujung Jari

Kadang kita tidak menyadari bagian tangan ini. Sebagian orang mengira kuman dan bakteri hanya ada pada sela jari, punggung dan telapak tangan saja. Padahal kuman sangat rentan tinggal di ujung jari kita. Katupkan seluruh jari pada salah satu tangan. Letakkan ujung jari yang telah mengatup ke telapak tangan yang lain. Lakukan gerakan memutar searah jarum jam untuk membunuh kuman yang bersarang di puncak kuku dan ujung jari.

 

* * *

 

Batas waktu yang cuci tangan dengan menggunakan air mengalir dan hand scrub berbeda ya teman-teman. Kalian bisa menghabiskan waktu 40 – 60 detik jika mencuci tangan dengan air mengalir atau lebih lama lagi jika keadaan tangan sangat kotor. Berbeda dengan hand scrub, kalian hanya perlu menghabiskan waktu separuhnya yakni 20-30 detik dengan gerakan yang sama tentunya.

Baiklah teman-teman, semoga langkah di atas dapat bermanfaat dan membangun kesadaran kita semua untuk lebih sering mencuci tangan dengan cara yang baik dan benar. 🙂