penyakit asam urat

Image Source

Pengertian Asam Urat

Asam urat adalah senyawa organik hasil pemecahan basa nukleotida dari kelompok purin (adenin, guanin dll) yang umumnya dihasilkan oleh hati dan jaringan mukosa usus. Organ yang berfungsi menghilangkan asam urat adalah saluran pencernaan dan ginjal. Umumnya senyawa ini terakumulasi di dalam cairan sinovial (cairan pelumas persendian) dan plasma darah dalam bentuk monosodium urate.

Jadi, asam urat adalah suatu benda yang ada di dalam tubuh, namun juka jumlahnya tidak normal, maka akan menjadi penyakit.

Kadar Asam Urat Normal

Kadar asam urat normal pada lelaki dewasa umumnya 2 hingga 7.5 mg/dl sedangkan wanita dewasa kisaran asam urat normalnya pada angka 3.6 hingga 5.5 mg/dl. Remaja pria (10-18) memiliki kadar asam urat normal pada rentang 3.6 to 5.5 mg/dL. Sedangkan pada remaja wanita, berada pada 3.6 and 4 mg/dL.

Sedikit berbeda dengan standar WHO, di bawah ini adalah tabel kadar asam urat menurut WHO:

Jenjang Lokasi Jumlah Keterangan
Laki-Laki Dewasa Darah 3.5-7.2 mg/dL (0.21-0.43 mmol/L)
Perempuan Dewasa Darah 2.6-6.0 mg/dL (0.16-0.36 mmol/L)
Anak-anak Darah 2.0-5.5 mg/dL (0.12-0.33 mmol/L)
Dewasa Urin, 24 jam 250-750 mg/hari (1.5-4.4 mmol/hari)

Penyebab Rendahnya Asam Urat

Penyebab utama rendahnya kadar asam urat adalah suplai purin dari makanan tidak banyak. Selain itu beberapa obat pereda gout seperti allopurinol dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah. Beberapa suplemen atau obat-obatan lain yang dapat menurunkan asam urat adalah sebagai berikut:

  1. Allopurinol
  2. Kortikostreroid
  3. Walfarin
  4. Glukosa

Hormon estrogen juga dapat menurunkan kadar asam urat. Oleh karena itu, asam urat biasanya menurun kadarnya pada periode kehamilan hingga 33 persen. Jumlah asam urat akan kembali naik setelah ibu hamil tersebut melahirkan.

Penyebab Naiknya Asam Urat

Penyebab utama naiknya asam urat adalah jenis makanan dan kondisi tubuh. Makanan dan minuman yang berperan dalam kenaikan asam urat adalah sebagai berikut:

  1. Kacang-kacangan
  2. Ikan asin dan ikan teri
  3. Seafood
  4. Kopi (kafein)
  5. Daging sapi dan rusa

Selain itu, beberapa obat-obatan juga dapat meningkatkan kondisi ini. Daftar obat-obatan yang dapat meningkatkan kadar asam urat antara lain:

  1. Aspirin
  2. Kafein
  3. Theophylline
  4. Obat diuretik (water pills)

Penyakit yang Disebabkan Asam Urat

penyakit gout yang disebabkan oleh asam urat

Image Source

Saat ginjal lambat membuang asam urat, maka asam urat akan terakumulasi dalam plasma darah dan persendian. Oleh karena itu salah satu gejala asam urat tinggi adalah nyeri sendi. Istilah medis dan ilmiah untuk penumpukan asam urat adalah hiperurikemia. Istilah hiperurikemia berbeda dengan gout. Gout adalah gejala neri sendi pada penderita hiperurikemia yang disebabkan oleh penumpukan natrium urate pada sendi.

Penyakit asam urat biasanya menjangkiti wanita dan pria dewasa. Kasus hiperurikemia ini jarang ditemukan pada anak-anak dan remaja. Tingkat prevalensi penyakit ini pada populasi umum diperkirakan 20-25%, tetapi hanya 4-6% pada wanita premenopause. Sedangkan prevalensi gout adalah 5,9% pada pria dan 2% pada wanita.

1. Gout (Asam urat dan nyeri sendi)

Gout adalah penyakit asam urat yang sering dikeluhkan masyarakat. Penyakit ini terjadi karena penumpukan asam urat pada sendi-sendi. Akumulasi asam urat ini menyebabkan persendian bengkak yang mengakibatkan kondisi yang disebut arthritis.

Persendian yang sering terasa sakit saat seseorang terkena gout adalah sebagai berikut:

  • Persendian jari tangan
  • Bagian jempol, jari dan pergelangan kaki
  • Bagian lutut kaki

2. Penyakit Ginjal Kronis

Asam urat akan jenuh dan mengendap saat senyawa ini mencapai konsentrasi 8-9 mg/dL. Apabila hal ini terjadi, maka organ tubuh yang akan terganggu fungsinya adalah ginjal. Asam urat yang jenuh akan membentuk kristal bahkan batu pada ginjal, yang akan berkembang menjadi gagal ginjal.

3. Asidosis Metabolik

Asidosis metabolik merupakan penumpukan asam urat dalam darah yang disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh mengeliminasi asam urat. Keadaan ini biasanya terjadi setelah mengonsumsi protein dalam jumlah besar.

4. Penyakit Jantung

Penyakit kardiovaskular pada wanita ditingkatkan resikonya sebanyak 70% oleh kadar asam urat tinggi. Namun, fenomena ini tidak ditemukan pada pria dewasa.

Cara Mencegah Penyakit Asam Urat Secara Alami

Jika Anda takut atau sudah didiagnosa terkena asam urat tinggi anda dapat melakukan beberapa perubahan pola hidup berikut. Pola hidup ini didasarkan dari pola hidup sehat diantaranya mengubah pola makan, berolahraga secukupnya dan berbagai gaya hidup sehat lainnya.

1. Hindari Makanan yang Memiliki Kandungan Purin Tinggi

cara mencegah asam urat

Image Source

Untuk menjaga agar kandungan asam urat dalam tubuh tetap normal, Anda harus membatasi konsumsi makanan yang mengandung basa purin tinggi. Contoh dari makanan yang mengandung purin tinggi adalah:

  1. Daging merah : Daging sapi, kambing, dan ayam beserta jeroannya
  2. Kacang-kacangan
  3. Asparagus, kacang polong
  4. Jamur
  5. Bunga kol dan keluarga sawi lainnya

2. Hindari Makanan/Minuman dengan Kadar Fruktosa Tinggi

mengurangi minuman berfruktosa tinggi

Image Source

Menghindari makanan atau minuman dengan fruktosa tinggi memang tidak menurunkan asam urat. Namun, sebuah penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang meminum soda (kandungan fruktosa tinggi) sebanyak 6 sajian perminggu mengeluh nyeri sendi yang lebih parah dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi soda. Hasil serupa juga ditemukan pada mereka yang mengonsumsi jus buah dan minuman kaya fruktosa lain.

3. Minum Air yang Cukup

05 minum air yang cukup untuk mengurangi gula darah

Image Source

Air berfungsi sebagai pelarut utama dalam tubuh. Salah satu fungsi air sebagai pelarut adalah untuk membilas sel-sel tubuh dari kotoran, diantaranya adalah asam urat. Mengonsumsi air yang cukup akan mempermudah tubuh mengeliminasi asam urat dalam darah melalui urin atau feses.

4. Menjaga Berat Badan dan Olahraga yang Cukup

06 menjaga berat badan dengan olah raga

Image Source

Menurunkan berat badan dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah serta serangan nyeri sendi pada asam urat (gout). Jadi, jika Anda ingin menurunkan kadar asam urat Anda dari tinggi menjadi normal, maka salah satu cara yang dapat Anda tempuh adalah dengan menjaga berat badan Anda tetap ideal. Untuk Anda yang menderita obesitas, menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan mengubah pola diet dan olahraga aerobic yang cukup dan teratur.