alat cek kolesterol sendiri

Image Source

Penting nggak sih punya alat cek kolesterol? Sebagai informasi, penyakit jantung dan stroke merupakan penyakit mematikan yang diakibatkan oleh terganggunya aliran darah. Salah satu penyebab terganggunya aliran darah adalah penyumbatan karena pembentukan plak yang disebabkan oleh penumpukan kolesterol jahat.

Apa bila penyumbatan darah terjadi di jantung, maka akan terjadi serangan jantung. Sedangkan bila terjadi di otak, maka terjadilah stroke. Bahaya bukan?

Untuk mencegah hal tersebut, beberapa organisasi kesehatan dunia menyarankan masyarakat agar memeriksa kolesterolnya paling tidak sekali dalam empat hingga lima tahun, terutama bagi Anda yang telah berusia 20 tahun ke atas.

Jika Anda memiliki resiko kolesterol tinggi seperti menderita obesitas, memiliki riwayat penyakit jantug, diabetes, dan perokok, Anda bahkan harus teratur mengecek kolesterol Anda.

Apa Saja yang Diperiksa saat Cek Kolesterol?

  1. Kolesterol total pada darah
  2. Low density lipoprotein : Kolesterol jahat, kompleks yang tersusun dari kolesterol, lemak dan protein. Densitas kompleks ini paling rendah, sehingga mudah menempel satu sama lain menjadi plak pada pembuluh darah
  3. High densitu lipoprotein : Kolesterol baik, yang mirip dengan LDL, namun lebih padat hingga tidak menempel dan menimbulkan masalah kesehatan
  4. Trigliseraldehid : Senyawa lemak yang harusnya ditimbun dalam jaringan adiposa.

Berapa Kadar Kolesterol Normal?

Kadar kolesterol normal pada orang dewasa umumnya dibawah 200 mg/dL. Kadar HDL yang ideal adalah diatas 60 mg/dL. Sedangkan kadar LDL orang dewasa sehat harus dibawah 100 mg/dL darah.

Cara Menggunakan Alat Cek Kolesterol

  1. Untuk mencegah infeksi, cuci tangan dengan antiseptik
  2. Usap dengan alkohol 70% dan tusukkan lancet pada bagian ujung jari
  3. Gunakan alat sampling darah dari kit ukur kolesterol
  4. Teteskan dari dari alat sampling pada tanda di strip ukur
  5. Masukkan pada alat pembaca dan tunggu hingga angka keluar
  6. Setelah selesai, usap kembali bekas tusukan dengan alkohol 70% untuk mencegah infeksi

Alat Cek Kolesterol Darah yang Bagus dan Terjangkau

Cek kolesterol ke dokter seringkali sangat merepotkan, apalagi jika jadwal check up Anda masih lama. Solusi dari kedua masalah tersebut adalah melakukan cek kolesterol sendiri.

Cara kerja alat tes kolesterol mirip dengan alat cek gula darah. Anda hanya perlu menusukkan lanset, lalu meneteskan setitik darah pada strip. Beberapa saat setelah itu, hasilnya akan bisa langsung diketahui.

Beberapa alat tes kolesterol darah memiliki harga yang tinggi terutama yang memiliki kemampuan cek gula dan asam urat darah. Kisaran alat cek 3 in 1 tersebut berada diangka Rp.300.000 hingga 2.000.000. Tapi Anda jangan khawatir. Kali ini Kami membahas 5 alat cek kolesterol darah terbaik yang memiliki harga terjangkau.

Daftar alat tes kolesterol yang bagus:

  1. EasyTouch Glucose/Cholesterol Kit
  2. Nesco MultiCheck GCU 3in1
  3. AutoCheck 3in1
  4. Family Dr Cholesterol Check
  5. BeneChek Plus 3 in 1 meter
  6. Mission Ultra Cholesterol

EasyTouch Blood Cholesterol/Glucose Kit

alat tes kolesterol easy touch gc

Image Source

Alat ini cukup praktis karena hanya membutuhkan sampel darah sebanyak 15ul. Setelah diteteskan pada strip, hasil pembacaan kolestrol Anda akan keluar dalam waktu 150 detik. Strip pengukur kolesterol ini diklaim memiliki akurasi 90 hingga 95%. Pada tiap kotaknya terdapat 10 strip yang tahan hingga 3 bulan setelah dibuka. Kisaran harga EasyTouch Blood Cholesterol kit ini adalah Rp.140.000 hingga Rp.200.000.

Nesco MultiCheck GCU 3in1

alat cek kolesterol nesco multicheck gcu

Image Source

Sesuai namanya, Nesco MultiCheck GCU 3in1 dapat mengukur gula darah, kolesterol dan asam urat sekaligus. Alat ukur kolesterol ini memiliki spesifikasi yang sama dengan EasyTouch Blood Cholesterol Strip dengan kelebihannya yaitu dapat mengukur kolesterol dengan jumlah sampel kecil (15 ul) dan hasil pembacaannya dapat diamati setelah 150 detik. Kisaran kolesterol yang dapat diukur adalah 100 hingga 400 mg/dL dengan akurasi sebesar 90 hingga 95%. Harganya sedikit lebih mahal dari Easytouch yakni berkisar diangka Rp.200.000 hingga Rp.250.000.

Family Dr Cholesterol Checker

alat tes kolesterol family dr cholesterol checker

Image Source

Family Dr Cholesterol menawarkan kemudahan penggunaan hingga diklaim dapat digunakan oleh seluruh anggota keluarga. Alat ini dapat mendeteksi kolesterol dalam kisaran 100 – 400 mg/dl dengan jumlah sampel 10 ul darah. Akurasinya juga cukup tinggi yakni 90%. Alat ini memiliki kapasitas memori hingga 180 pengukuran. Harganya juga terjangkau yakni dikisaran Rp.250.000 hingga 350.000.

BeneChek Plus 3 in 1 Meter

alat cek benecheck cholesterol checker 3in1

Image Source

BeneChek Plus 3 in 1 Meter dapat mengukur kolesterol, gula darah dan asam urat sekaligus. Tentunya dengan strip pengukuran yang berbeda. BeneChek Plus 3 in 1 dapat mengukur kisaran kolesterol yang sama dengan EasyTouch dan Nesco. Namun, alat ini membutuhkan sampel yang lebih sedikit dan waktu lebih cepat. Meski tidak secepat AutoCheck, yakni selama 20 detik. Kisaran harga BeneChek Plus 3 in 1 meter adalah diantara Rp.300.000 hingga Rp.450.000.

AutoCheck 3in1

alat cek kolesterol autocheck 3in1

Image Source

Autocheck 3in1 merupakan saingan dari EasyTouch GCU dan Nesco Multicheck GCU. Alat ini juga dapat mengukur kolesterol, glukosa, dan asam urat sekaligus. Namun, dibandingkan dengan kedua saingannya tersebut, Autocheck 3in1 memiliki kelebihan yakni membutuhkan jumlah sampel dan waktu yang lebih sedikit. Alat ini dapat mengukur kolesterol dalam waktu 10 detik dengan jumlah sampel sebanyak 10 ul saja. Oleh karena itu, harganya juga cukup tinggi yakni dikisaran Rp.500.000 hingga Rp.750.000.

Mission Ultra Cholesterol

alat periksa kolesterol mission ultra cholesterol

Image Source

Mission Ultra Cholesterol merupakan biosensor yang menawarkan hasil pengukuran akurat dalam waktu singkat. Alat ukur ini hanya membutuhkan sampel sebanyak ┬ÁL dan waktu 15 detik untuk mengetahui kolesterol total darah Anda. Kisaran pengukurannya juga lebih luas dibandingkan empat alat cek kolesterol diatas yakni pada rentang 100-450 mg/dL atau 2.6-11.7 mmol/L. Strip ukur kolesterolnya juga memiliki masa berlaku yang lama yakni 2 tahun. Kisaran harga Mission Ultra Cholesterol ini berada pada Rp.700.000 hingga 1.100.000.

Penutup

Mengetahui kadar kolesterol dalam darah sangat penting, terutama bagi Anda yang senang makan makanan berlemak, hobi ngemil, atau yang memiliki tubuh yang subur. Sebab, kandungan kolesterol yang berlebihan akan berakibat buruk pada kesehatan.

Pemeriksaan kolestrol darah tidak harus dilakukan di laboratorium, Anda juga bisa melakukannya secara mandiri. Beberapa alat ukur kolesterol memungkinkan Anda untuk memonitor sendiri fluktuasi kolesterol Anda di rumah. Dengan demikian, Anda dapat mencegah penyakit akibat kolesterol tinggi.