alat cek gula darah

Image Source

Pengecekan kadar gula darah umumnya dilakukan di laboratorium. Namun, saat ini telah banyak alat cek gula darah yang dijual bebas di pasaran, sehingga Anda bisa melakukan cek gula darah secara mandiri di manapun berada.

Mengukur gula darah adalah kegiatan yang paling krusial bagi seorang penderita diabetes. Sebab, kenaikan gula darah yang melebihi batas normal akan memperburuk kondisi tubuh. Untuk berjaga-jaga, biasanya penderita diabetes rutin mengecek kadar gula darah sebelum atau setelah mengonsumsi makanan tertentu guna menjaga kadar gula agar tetap normal.

Melakukan cek sendiri gula dara itu mudah dilakukan. Namun bagi sebagian orang, prosesnya kadang dianggap menakutkan karena harus menusuk jari dengan jarum dan mengeluarkan sendiri darahnya. Bahkan aktifitas tersebut akan sangat menyulitkan bagi orang yang takut melihat darah.

Terlepas dari semua itu, kami akan berbagi informasi tentang beberapa alat tes gula darah yang populer dengan harga yang relatif terjangkau. Sebelum itu, berikut ini adalah cara menggunakan alat tes gula darah secara mandiri.

Cara menggunakan alat cek kadar gula darah sendiri:

  1. Cuci kedua tangan Anda dengan sabun antiseptik dan air hangat, kemudian keringkan
  2. Siapkan jarum lancet steril, usap jari Anda dan jarum tersebut dengan alcohol 70%
  3. Tusukkan jarum pada bagian pinggir ujung jari. Bagian pinggir ujung jari memiliki sedikit syaraf reseptor, sehingga tusukan jarum tidak akan begitu terasa sakit.
  4. Teteskan darah yang keluar pada strip kemudian masukkan kedalam alat pengukur gula darah
  5. Usap lagi daerah tusukan dengan alcohol 70% beberapa kali untuk mencegah infeksi

6 Alat Cek Gula Darah Paling Populer dan Harganya

Berikut ini terdapat 6 buah alat tes gula darah yang umum ditemukan di pasaran dengan kualitas lumayan dan harga terjangkau:

  1. Strip Gula Darah Easy Touch (MHCMED)
  2. GlucoDr AGM 2100
  3. AutoCheck 3in1
  4. AccuCheck Performa (Roche)
  5. Freestyle Optium Neo System
  6. Gluco M Blood Glucose Monitor (Onemed)

1. Strip Gula Darah EasyTouch (MHCMED)

02 alat tes gula darah easy touch

Image Source

EasyTouch merupakan alat ukur glukosa darah terlaris di Indonesia. Alat ini terdiri dari sebuah perangkat ukur digital, strip glukosa, perangkat lancet dan control solution.

Kelebihan EasyTouch yaitu alat ini tidak membutuhkan banyak sampel darah untuk menentukan kadar gula darah, yakni hanya sekitar 0.5 mikroliter. Alat ini juga memungkinkan pengambilan sampel darah di beberapa bagian tubuh yakni lengan bawah, telapak tangan, dan ujung jari. Umumnya EasyTouch dijual terpisah dengan strip dan cairan kontrolnya.

Rincian harga paket EasyTouch adalah sebagai berikut:

  • EasyTouch Meter: Rp 260.000 hingga Rp 300.000,
  • Strip glucose EasyTouch : Berkisar antara Rp 60.000, hingga Rp 100.000,
  • Easy Glucose lancets : Berkisar diantara Rp 40.000 hingga Rp 60.000

2. GlucoDr AGM 2100

03 alat cek gula darah glucodr

Image Source

GlucoDr adalah alat untuk mengecek gula darah yang menawarkan kemudahan dan akurasi tinggi. Dengan elemen penghantar berbahan emas, produk ini dapat mengukur kadar gula darah dari kisaran 30 hingga 600 mg glukosa per desiliter darah. Sampel darah yang digunakan juga sangat kecil yakni sebesar 2 hingga 5 mikroliter. Alat ini juga memiliki memori penyimpanan hingga 100 kali pengukuran.

Paket lengkap GlucoDr terdiri alat-alat berikut:

  • Strip gula untuk menampung darah yang akan diukur sebanyak 25 buah
  • Alat penusuk dan 10 buah jarum lancet
  • Baterai AA dua buah
  • Tas pengepak alat

GlucoDr dijual dengan kisarang harga Rp 400.000 hingga Rp 600.000

3. AutoCheck 3in1

04 autocheck alat untuk cek gula darah

Image Source

AutoCheck 3in1 merupakan kit yang dapat mengukur kadar gula darah, kolesterol serta asam urat sekaligus. AutoCheck 3in1 memiliki standarr ISO dan diklaim memiliki akurasi hingga lebih dari 90%. Kelebihan utama dari AutoCheck 3in1 adalah waktu pengukuran yang cepat (kurang dari 30 detik) dengan akurasi tinggi.

Dalam paket AutoCheck 3in1, terdapat peralatan sebagai berikut :

  • Beberapa buah jarum lancet
  • Sebuah pen lancet untuk sampling darah
  • 10 strip untuk mengukur gula darah
  • 10 strip pengukuran asam urat
  • 2 buah strip ukur kolesterol

Kisaran harga AutoCheck 3in1 yaitu sekitar Rp 200.000 hingga Rp 300.000

4. Accu-Chek Performa (Roche)

05 accu chek alat tes gula darah

Image Source

Accu-Chek Performa merupakan alat tes gula darah yang hanya membutuhkan sampel darah 0,6 mikroliter dengan kecepatan deteksi yang sangat cepat, yaitu sekitar 15 detik. Kelebihan tersebut menjadikan alat ini sebagai alat cek gula darah yang paling mahal di kelasnya. Selain untuk penderita diabetes, alat ini juga bisa digunakan untuk cek gula darah pada anggota keluarga lain yang sehat namun ingin mengetahui kadar gula darah mereka.

Peralatan yang Anda dapatkan berupa sebuah pen dan beberapa jarum lancet serta sebuah alat monitor gula darah yang canggih dan memiliki model yang simpel nan futuristik. Harga dari Accu-Chek Performa ini berkisar antara Rp 750.000 hingga Rp 800.000

5. Freestyle Optium Neo System

06 alat cek gula darah freestyle optium neo

Image Source

Freestyle Optium Neo System merupakan alat tes gula darah sekaligus bisa digunakan untuk mengukur kadar keton dalam darah. Selain itu, alat ini juga dapat mencatat trend gula darah sekaligus memberi peringatan jika gula darah mulai diatas batas normal. Freestyle Optium Neo System dapat mengukur kadar insulin dalam gula darah sehinga Anda dapat memonitor dosis insulin yang Anda gunakan pada hari tersebut.

Kelebihan dari Freestyle Optium Neo System antara lain:

  • Waktu pengukuran yang sangat cepat (sekitar 5 detik)
  • Hanya butuh 0.6 mikroliter sampel
  • Sudah terstandarisasi ISO
  • Memiliki pelindung alumunium foil yang menjaga alat dari kelembaban
  • Memiliki display yang beresolusi tinggi

Dalam paket Freestyle Optium Neo System, terdapat sebuah perangkat ukur, sebuah pen lancet, 10 jarum, tas pengepak dan manual book. Kisaran harga Freestyle Optium Neo System adalah Rp 300.000 hingga Rp 350.000

6. Gluco M Blood Glucose Monitor (Onemed)

07 alat untuk cek gula darah gluco m

Image Source

Gluco M Blood Glucose Monitor dibuat di korea selatan. Alat ini memiliki waktu pengukuran yang cepat dan akurasi yang tinggi. Alat ini juga hanya membutuhkan sampel darah dengan volume yang sangat sedikit. Gluco M Blood Glucose Monitor memiliki sertifikat dari Jerman.

Dalam satu paket pembelian Gluco M, anda akan mendapatkan:

  • Sebuah alat monitor darah Gluco M
  • 25 Strip Gluco M
  • 10 buah Alkohol swab untuk sterilisasi
  • 10 buah jarum lancet
  • Sebuah Autoclick Device
  • Baterai
  • Sebuah cek strip

Harga alat cek gula darah Gluco M berkisar antara Rp 200.000 hingga 250 000. Sedangkan harga strip Gluco M berkisar Rp 100.000 hingga Rp 150.000.

Penutup

Peralatan diatas memang masih menggunakan darah sebagai sampel pengukuran. Metode ini kurang disukai karena harus menusukkan lancet untuk mengambil sampel darah. Namun, harga dan rasa sakitnya sepadan dengan manfaat yang Anda dapat dari alat tersebut.